the island of GOD

BALI TOUR

Dari tanah pegunungan dan perbukitan yang begitu megah, hingga memiliki garis pantai dari bepasir putih hingga berpasir hitam, danau-danau hingga air terjun dengan berbagai ragam, pebukitan sawah-sawah yang hijau dan subur, maka tidak mengherankan apabila Bali dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Bali memiliki lokasi yang begitu strategis antara pulau Jawa dan Lombok, Bali menawarkan begitu kaya akan ragam budaya. Arsitektur di Bali sangat menonjol tidak hanya di Indonesia tetapi juga tak kalah menonjolnya di dunia, serta tak kalah menonjol yaitu Bali memiliki ribuan kuil Hindu di seluruh pelosok Bali, ada sampai disudut-sudut kecil di seluruh Bali. Budaya Bali yang dominan merupakan salah satu yang langka di negara kita Indonesia yang dominan penduduknya adalah Muslim.

Bali pada tahun 1970 merupakan tempat berkumpulnya kawanan hippies yang menjelajah di pulau indah Bali terutama di pantai Kuta yang menarik bagi peselancar. Kita akan kagum dimana pulau Bali sampai saat ini mempertahankan ritual persembahyangan oleh pendeta berkulit putih yang masih menggunakan bahan alam yang ramah seperti bambu dan kayu-kayu kelapa untuk pekerjaan arsitektur yang begitu mewah dan terkenal dan menjadi tujuan wisata.

Tidak salah bagi kita mengetahui dan belajar tentang budaya Bali dan yang paling penting adalah sejarah Bali, melalui online maupun buku. Kalau saya pribadi paling senang mendengarkan lansung dari orang-orang Bali, serta teman-teman yang kebetulan banyak orang Bali, dimana mereka selalu masih mematuhi semua tradisi setiap harinya.

Spritual yang ditawarkan oleh Bali

Ada perasaan spiritual yang berbeda begitu kita mendarat di Badara Ngurah Rai Bali, dan setiap bangun pagi saat kita di Bali, selain ayam jantan yang ramai berkokok, diikuti juga para wanita Bali yang memulai hari dengan berdoa di rumah mereka masing-masing, dan banyak juga di tempat-tempat usaha mereka serta beberapa di Pura, disaat fajar menyingisng, para wanita Bali menyiram air di semua pekarangan dan teras.

Bali kelimpahan akan alam dan makanan

Bali terkenal dengan tanahnya yang subur serta jenis makanan yang berlimpah. Kebiasaan orang Bali berdoa, banyak wisatawan mancanegara yang merasa mereka dibawa ke negeri Dewa-Dewa. Walau sarana berdoa orang Bali memiliki banyak ragam, alam Bali menyediakan semuanya dan orang Bali merawat alam Bali dengan sempurna sehingga Bali tetap hijau. Rimbunan pohon kelapa dimana-mana, pisang, padi dan hamparan sawah-sawah yang terawat dengan sempurna, menjadikan Bali tetap sempurna sebagaimana Bali sampai saat ini, sehingga memberikan perbedaan dengan tempat wisata manapun di dunia ini. Kita bisa melihat persawahan yang sempurna di Jatiluwih yang masih amat terawat dengan sistem irigasi Subak yang dimiliki oleh adat dan Budaya Bali. Orang Bali sangat memanfaatkan dan merawat atas kesuburan tanah Bali, dengan hasil yang baik mereka bisa mendapatkan hasil dari pertanian berupa, beras, kopi, cengkeh, bunga-bunga hingga selada untuk kebutuhan sayuran. Banyak makanan Bali diolah dari hasil panen pertanian Bali, sehingga ditempat-tempat makan terkenalpun banyak menu menawarkan olahan sayur-sayuran dan sambal tidak pernah ketinggalan serta olahan laut dan hasil ternak seperti ; Nasi Campur Bali, Seafood, Jungku Undis, serta olahan Bebek.

Source artikel ulinulin

Artikel Terkait

WhatsApp chat